BIN Buru Tokoh Intelektual Insiden Tolikara

Rabu, 22 Jul 2015 | 19.44 WIB

BIN Buru Tokoh Intelektual Insiden Tolikara

Sisa puing masjid yang dibakar (foto : ist)


Centroone.com - Kepala Badan Intelijen (BIN) Sutiyoso memastikan bahwa pihaknya tengah "memburu" siapa tokoh intelektual di balik insiden penyerangan di sebuah kawasan di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, terjadi bertepatan dengan hari raya Idul Fitri oleh umat muslim, Jumat (17/7/2015).
"Kami akan cari siapa tokoh intelektualnya," kata Sutiyoso di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jaksel, Rabu (22/7/2015).
Sutiyoso pun menginstruksikan Kepala BIN Daerah agar selalu waspada terhadap gerakan radikal di setiap daerah di Indonesia. Dia juga meminta tokoh-tokoh agama di seluruh wilayah di Indonesia berkontribusi menenangkan umat agama masing-masing agar tidak terpancing sehingga kericuhan tidak meluas.
"Untuk jajaran BIN, dan seluruh Kepala BIN daerah waspada semua tempat, terutama yang ada kelompok radikal. Saya akan mengumpulkan semua tokoh agama di tingkat nasional, agar beliau-beliau menginstruksikan ke jaringannya menjaga toleransi kerukunan beragama," ujar Sutiyoso.
Disisi lain, Sutiyoso mengapresiasi langkah cepat yang diambil dalam pelakukan penanganan. Namun, BIN tidak hanya tinggal diam mengenai hal tersebut.
"Kami tidak akan berhenti di situ," pungkas Sutiyoso.
Seperti diketahui, penyerangan di sebuah kawasan di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, terjadi bertepatan dengan hari raya Idul Fitri oleh umat muslim, Jumat (17/7/2015). Akibat penyerangan tersebut, puluhan kios, rumah, dan sebuah mushola hangus terbakar.
 
Oleh : Rangga Tranggana / Editor : Adi Cahyo