BIN Ketahui Potensi Terjadi Insiden Di Tolikara

Rabu, 22 Jul 2015 | 05.00 WIB

BIN Ketahui Potensi Terjadi Insiden Di Tolikara

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (keempat kiri) bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Yohana Yembise (ketiga kiri) berkunjung ke lokasi peristiwa penyerangan sekelompok massa beberapa waktu yang lalu di Distrik Karubaka, Tolikara, Papua, Selasa (21/7). ANTARA FOTO/HO/Trisnadi.


CENTROONE.COM - Perayaan Idul Fitri, Jumat, (17/05/2015)  diwarnai dengan percikan darah. Di sebelah timur Indonesia, tepatnya di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, sejumlah kaum muslim yang hendak melakukan sholat Idul Fitri diserang oleh sejumlah warga tidak dikenal.

Insiden itu diduga terkait dengan akibat surat edaran pelarangan salat Id yang diterbitkan Gereja Injili di Indonesia (GIDI).  Terkait insiden yang menewaskan 1 orang dan melukai belasan lainnya itu,  Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menyatakan, mengaku sudah memperkirakan potensi terjadinya insiden tersebut.

Ditegaskan Sutiyoso, inteljen juga telah melakukan antisipasi, dengan mengerahkan aparat keamanan untuk menjaga ibadah salat Id. Pelaksanaan salat Id juga disepakati oleh unsur masyarakat, pemerintah daerah dan keamanan setempat. "Muspida, ulama, juga Presiden GIDI ikut hadir dalam rapat koordinasi dan sepakat salat Id tetap dilaksanakan," kata Sutiyoso, Selasa (21/7/2015).

Sutiyoso mengklaim aparat keamanan sudah mengantisipasi kemungkinan terburuk, namun akhirnya kewalahan akibat kalah jumlah dengan massa. "Yang terjadi massa banyak dan anarkis, aparat jadi kewalahan," ujar politikus PKPI ini.

Intelijen, kata Sutiyoso, sedang menyelidiki keterlibatan pihak asing dalam insiden tersebut. Termasuk dugaan proxy war. Proxy war perang yang dipicu satu kekuatan utama yang tak terlibat secara langsung. Meski belum diperoleh kesimpulan intelijen, menurut Sutiyoso, proxy war bisa saja terjadi karena keterlibatan negara asing yang ingin mengacaukan keamanan di Papua. "Itu yang sedang kami selidiki," pungkasnya.bbs