Pintu Gereja di Purworejo Dibakar, Balasan Insiden Tolikara?

Rabu, 22 Jul 2015 | 02.00 WIB

Pintu Gereja di Purworejo Dibakar, Balasan Insiden Tolikara?

ilustrasi


CENTROONE.COM - Perayaan Idul Fitri, Jumat, (17/05/2015)  diwarnai dengan percikan darah. Di sebelah timur Indonesia, tepatnya di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, sejumlah kaum muslim yang hendak melakukan sholat Idul Fitri diserang oleh sejumlah warga tidak dikenal.  Akibat insiden itu, 1 orang tewas dan belasan lainya luka-luka.

Belakangan insiden itu berbuntut panjang.  Gereja Kristen Jawa (GKJ) di Desa Tlepok Wetan, Kecamatan Grabag, Purworejo Jawa Tengah, Senin (20/7), dilaporkan dibakar orang tidak dikenal.  Dua pintu di depan dan samping barat gereja itu hangus akibat dilalap api. Di lokasi kejadian sendiri ditemukan kertas yang berisi ancaman yang isinya. "Dari Mujahid atas tragedi Papua. Bakar gereja sejawa."

Kepala Desa Tlepok Wetan, Agus Sudarto, mengatakan peristiwa pembakaran itu baru diketahui pada pukul enam pagi oleh pengurus gereja yang kemudian langsung dilaporkan ke Polisi. 

"Memang ditemukan ancaman yang seperti imbauan dari sekelompok oknum tak bertanggung jawab, benar tidaknya masih dalam penyelidikan. Doakan saja segera bisa terungkap, dan kami mohon untuk warga Purworejo untuk menjaga agar tetap kondusif," ujar Kapolres Purworejo AKBP Theresia Arsida Septiana terkait peristiwa tersebut. bbs