Takut Buah Hati Hilang di Keramaian? Lakukan Kebiasaan Ini

Rabu, 22 Jul 2015 | 06.11 WIB

Takut Buah Hati Hilang di Keramaian? Lakukan Kebiasaan Ini

Foto: centroOne/Istimewa


Centroone.com - Kasus anak hilang di keramaian atau di mana pun berada sedang menjadi momok para orangtua.

Nah, ada sebuah kebiasaan yang perlu dilakukan setiap hendak pergi sembari membawa si kecil - misalnya ke taman bermain, bandara, mall atau tempat yang penuh keramaian lainnya - di mana anak berpotensi hilang dari pandangan Anda.

>>> Tuliskan nomor telepon Anda

Di mana? Bisa di kertas, di balik baju, di dalam sepatu atau di atribut apapun yang dikenakan anak. "Saya pernah melihat orangtua menuliskan nomor telepon mereka di bagian dalam sepatu anak, di kertas atau di tali gantungan ID card yang bisa diselipkan di baju anak," ujar John W Fussner, konsultan keamanan taman bermain yang telah bekerja dengan lusinan taman hiburan. Menurut Fussner, cara ini sangat mempermudah petugas keamanan dalam menghubungi orangtua anak yang tersesat.

>>> Tampil mencolok

Pastikan anak mengenakan pakaian berwarna mencolok yang akan mudah kelihatan di tengah kerumuman seperti oranye, kuning atau hijau. Bisa juga dilengkapi dengan aksesori yang tak kalah menarik perhatian, seperti topi atau pita besar. Menurut pakar anak lainnya, Fitzgerald, langkah ini juga ampuh menjauhkan predator karena mereka cenderung menghindari anak yang mengenakan busana mencolok, karena mudah menarik perhatian orang lain.

>>> Ambil foto anak

Sebelum pergi, ambil foto anak dengan ponsel Anda. Anda dapat menunjukkan foto terakhir dirinya plus detail pakaian yang tengah dikenakan apabila ia hilang, kepada petugas keamanan. Hal ini dapat mempermudah para petugas dalam membantu mencari anak Anda. "Ketika sadar anaknya hilang, orangtua pasti panik. Dan, banyak dari mereka yang kemudian lupa atau tak bisa mendeskripsikan detail warna dan jenis pakaian yang dikenakan anaknya. Adanya foto terakhir anak sangat membantu kami dalam mencari mereka," kata Fussner lagi.

Sumber: Parents - Editor: Rie