Gunakan Mobil Diesel Saat Mudik, Ini Tipsnya

Rabu, 22 Jul 2015 | 12.00 WIB

Gunakan Mobil Diesel Saat Mudik, Ini Tipsnya

Ilustrasi produk mobil diesel (foto : ist)


Centroone.com – Meski dalam hal perawatan mobil diesel lebih sederhana ketimbang bensin, namun untuk urusan perjalanan mudik jauh, mobil diesel juga perlu perawatan intensif. Tujuannya, agar segala sesatu yang mengganggu tak lagi membebani perjalanan Anda yang menyenangkan saat mudik.
Hal ini disampaikan oleh Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia Arifani Perbowo. Menurutnya untuk mobil diesel, pengguna sebaiknya fokus pada pemeriksaan bagian filter udara dan saringan bahan bakar. Jika kotor, maka risiko mobil akan rewel akan semakin tinggi.
Dalam hal pemakaian, jika bagian ini bermasalah pertanda awal yang kerap dirasakan adalah tarikan gas yang berat. Selain itu, pada bagian gas buang terdapat asap yang tebal. Untuk memastikan Anda bisa pergi ke Bengkel atau mengecek saringan udara dan bensin yang kotor, gejala ini juga bisa terjadi karena injektor tidak bersih.
Ape menambahkan, untuk saat ini produk mobil diesel mulang menggunakan turbo yang fungsinya menjaga tarikan mobil tetap prima. Untuk itu, pertanda keluhan diatas kerap sedikit dirasakan. Maka dari itu, tetap meminta petugas service mengecek kondisi injektor, apalagi untuk mobil dengan jarak tempuh lebih dari 40.000 km.
Selain itu, pilih SPBU yang ‘kira-kira’ menyediakan jenis solar berkualitas prima. Sampai saat ini tak ada pemetaan khusus penyebaran BBM jenis solar di Indonesia. Untuk itu, lebih amannya jika kita menggunakan SPBU besar di kota untuk menghindari konsumsi solar dengan kualitas buruk.
 
Oleh : Adi Cahyo