Mudik Dengan Kendaraan Umum, Ini Tipsnya

Rabu, 22 Jul 2015 | 10.00 WIB

Mudik Dengan Kendaraan Umum, Ini Tipsnya

Ilustrasi terminal umum (foto : ist)


Centroone.com – Mudik dengan kendaraan umum kerap dipilih karena kemudahan dan berbagai alasan lain. Namun, karena berkaitan dengan banyak orang, kewaspadaan harus ekstra dijaga agar hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi.
Jangan persulit Anda di Perjalanan
Dalam hal ini bawalah barang secukupnya, setidaknya hal ini membuat Anda tak kerepotan saat naik kendaraan umum. Selain itu, tak membawa banyak barang akan membuat risiko kehilangan dan barang tertinggal semakin kecil.
Hindari penampilan mencolok
Sebisa mungkin copot perhiasan dan benda berharga lain yang Anda kenakan saat perjalanan mudik. Hal ini justru akan membuat Anda mudah menarik perhatian orang lain yang ingin berbuat jahat pada Anda.
Ekstra waspada
Dalam berbagai kasus, awal dari tindak kejahatan kerap disertai dengan sosok orang yang mudah akrab dengan kita. Selalu waspada terlebih saat ia menyodorkan makanan atau minuman yang mungkin ia berikan pada Anda. Selain itu, selalu berada di keramaian akan membuat risiko perbuatan jahat lebih kecil.
Persiapkan obat-obatan dan air minum yang cukup
Cara ini akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan yang mungkin muncul pada saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Terlebih jika jarak tempuh yang Anda lewati terlalu jauh.
Tak ada salahnya cek kendaraan yang akan Anda tumpangi
Menurut Pengamat Transportasi Azaz Tigor Nainggolan, hal ini tak ada salahnya Anda lakukan karena kesalahan memilih bus yang tak layak jalan, membuat nyawa jadi taruhan. "Apakah ada bukti bus-nya laik untuk jalan atau tidak. Karena menurut keterangan Dishub, bus yang laik itu ada stiker birunya," ujar Tigor.
 
Oleh : Adi Cahyo