Bahaya Dehidrasi Pada Pemudik Motor

Rabu, 22 Jul 2015 | 09.00 WIB

Bahaya Dehidrasi Pada Pemudik Motor

ilustrasi pemudik dengan motor (foto : ist)


Centroone.com – Dibanding dengan pemudik yang mengendarai mobil, pengendara motor kerap diserang rasa dehidrasi. Padahal seperti mengantuk, serangan dehidrasi kerap mengakibatkan perjalanan Anda lebih berbahaya.
Hal ini seperti disampaikan oleh dokter Spesialis Gizi Klinik Tirta Prawita Sari. Menurutnya, pemudik dengan kendaraan sepeda motor kerap diserang masalah defisiensi elektrolit menjadi lebih besar. Ini disebabkan, munculnya dehidrasi kerap disebabkan oleh paparan langsung terik matahari. Ditambah situasi macet, membuat hal ini sangat mungkin terjadi.
Untuk itu, sebaiknya pemudik membawa cukup air minum saat melakukan perjalanan. Selain itu untuk menurunkan risiko dehidrasi, sebainya pemudik tidak mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi garam. Seperti ikan asin, telur asin.
Makanan jenis ini pada dasarnya kerap membuat orang lebih mudah haus dan mengalami dehidrasi. Saat terjadi dehidrasi, ada baiknya Anda meminum air putih, atau jenis minuman yang kaya akan elektrolit, seperti minuam air kelapa dan sebagainya.
Tak bisa diremehkan, masalah dehidrasi kerap membuat orang mudah mengalami kehilangan konsentrasi. Padahal saat mengemudi orang dituntut konsentrasi tinggi. Selain itu masalah dehidrasi juga kerap menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan seperti gangguan ginjal, jantung, hingga mengancam jiwa.
 
Oleh : Adi Cahyo