Perang Dunia Ketiga Diprediksi Terjadi di Luar Angkasa

Selasa, 21 Jul 2015 | 19.00 WIB

Perang Dunia Ketiga Diprediksi Terjadi di Luar Angkasa

Ilustrasi perang luar angkasa (IST)


CENTROONE.COM - Perkembangan pesat dalam teknologi ruang angkasa China memunculkan prediksi bahwa jika suatu saat terjadi perang dunia ketiga, maka perang bakal terjadi di luar angkasa. Laporan tersebut, yang dipublikasikan CNN, dipicu oleh sebuah buku yang bakal terbit berjudul Ghostfleet: A Novel of the Next World War.

Saat ini, China memiliki hampir 130 pesawat ruang angkasa dan satelit di orbit sebagai bagian dari rencana untuk mengembangkan kemampuan ekonomi, teknologi dan militer.Namun, China sampai saat ini dilarang bergabung dengan proyek Stasiun Luar Angkasa Internasional, sementara menurut sebuah undang - undang pada tahun 2011 yang disahkan oleh Kongres AS juga melarang NASA dari kerjasama bilateral dengan program luar angkasa China atas masalah keamanan nasional.

Dengan banyaknya "personel" China di luar angkasa, Militer AS dalam sebuah laporan menyebutkan hal itu bisa menimbulkan "konsekuensi negatif bagi keamanan militer AS" yang kemudian memicu "perang baru di luar angkasa" yang bahkan tidak mungkin bisa berujung perang, mengingat luar angkasa masih merupakan daerah tak bertuan.

China sendiri pekan lalu meluncurkan satelit observasi Gaofen-8 Earth miliknya ke orbit bumi. Satelit itu merupakan salah satu roket Long March China yang ke-205. Peluncuran berikutnya pada akhir Juli akan menjadi sebuah satelit Beidou, bagian dari konstelasi untuk menyaingi GPS Amerika.

oleh:William-editor:YL.antamaputra