Menghilang 1 Abad, Bagian Terpenting Titanic Akhirnya Muncul

Senin, 20 Jul 2015 | 22.00 WIB

Menghilang 1 Abad, Bagian Terpenting Titanic Akhirnya Muncul

Plakat kapal Titanic (IST)


CENTROONE.COM - Sebuah bagian penting dari Titanic yang hilang selama 100 tahun dan dianggap telah hilang selamanya akhirnya muncul kembali. Bagian tersebut berupa plakat perunggu dan perak, dimana nama Titanic terukir.   Plakat bersejarah itu baru-baru ini dipamerkan di Spanyol.

Plakat itu diberikan kepada Lord William James Pirrie, ketua pembuat Titanic setelah kapal naas itu diselesaikan. Objek seberat 1,8 kilogram itu ditulis dengan nama kapal dan tulisan ‘Queen of the Ocean’,serta tanggal perjalanan pertama dan terakhir Titanic, yakni April 10, 1912.

Di dalamnya juga terdapat lampu yang menampilkan gambar dari kapal itu, dan berisikan kabel listrik asli kapal itu.  Plakat itu sempat menghilang setelah tragedi Titanic tahun 1912, dan baru kembali muncul pada tahun 2003.

Adalah pemilik toko barang antik, Lorenzo Sancho dan kakeknya, yang pertama kali menawarkan plakat itu kepada Titanic Foundation. Menurut Lorenzo , ia mendapatkan barang itu dari seorang pria Inggris, 12 tahun yang lalu.  Semula plakat itu akan digunakan Lorenzo sebagai penghias kamar, namun ia berubah pikiran dan menawarkannya kepada Titanic Foundation untuk dipamerkan. Demikian seperti dilaporkan News.com.au

Melihat plakat itu pihak Titanic Foundation mengaku sangat senang , pasalnya plakat itu diduga sudah lenyap ditelan bumi.  Plakat itu merupakan salah satu barang yang dipamerkan di Grenada Science Park, dalam pameran yang bertajuk  Titanic Reconstruction.  Laporan menyebutkan, plakat itu sudah mendapatkan sejumlah tawaran namun Lorenzo belum mau menjualnya.

oleh:William-editor:YL.antamaputra