Rahasia Sederhana Hindari Penuaan Dini

Senin, 20 Jul 2015 | 10.00 WIB

Rahasia Sederhana Hindari Penuaan Dini


Menjadi tua, bisa jadi siklus alami kehidupan manusia. Tapi sayangnya, buruknya menu harian, ditambah dengan kurangnya aktivitas dan beban psikis harian, membuat proses ini datang lebih cepat. Bagi Anda yang merasa hal ini adalah masalah besar, berikut tips yang mungkin cocok untuk Anda.

Kerutan diwajah dan uban yang kian banyak, bisa jadi dua diantara beberapa tanda proses penuaan datang lebih cepat pada Anda. Dibanding pria, umumnya wanita lebih sering mengalami hal ini karena faktor psikis yang membuat mereka mudah mengalami stres. Untuk itu, seperti dikutip dari fitnea, jika tak ingin itu terjadi lakukan 5 langkah berikut akan mengatasi masalah penuaan dini.

Cara pertama hindari penuaan dini adalah banyak minum air putih. 60% tubuh manusia pada dasarnya mengandung air. Sayangnya, rutinitas harian yang bisa jadi berlebih membuat kuantitas air berkurang setiap saat. Hal ini yang kemudian diperlukan isi ulang setiap saat. Tak hanya aktivitas fisik, berpikir juga membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Sementara cairan juga bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Proses yang terhambat pada akhirnya sering berdampak karena banyak hal, terutama pada fleksibilitas kulit dan regenerasi kulit yang rusak.

Manajemen stres. Dalam penelitian, stres yang terjadi setiap hari sering berdampak pada kesehatan (tak hanya psikis) fisik. Dalam hal ini mempengaruhi perbaikan dan regenerasi kolagen pada kulit. Jika tidak diatasi, hal ini sering berdampak pada proses penuaan diusia lebih muda. Melakukan kegiatan menyenangkan dan berlatih yoga, adalah dua cara instan yang dapat memperbaiki mood dan secara otomatis akan mengurangi beban stres harian.

Masker buah. Tak hanya baik saat dikonsumsi, nutrisi dan gizi yang terkandung pada buah ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Mengelupas kulit kering dan mengurangi deposisi melanin adalah dua fungsi yang bisa kita petik dari kebiasan rutin menggunakan masker dengan buah. Bahan seperti beta karoten dan vitamin-A dari stroberi juga dapat berfungsi membantu dalam regenerasi kolagen.

Berlatih secara rutin. Aktivitas fisik rutin tak hanya menjauhkan Anda dari risiko obesitas, tapi juga memelihara kulit dari proses penuaan. Hal ini dikarenakan, aktivitas fisik akan membuat otot-otot terlatih dan fleksibel seiring bertambahnya usia. Selain itu, aktivitas ini akan memperlancar peredaran darah yang baik bagi proses peremajaan kulit.

Diet sehat. Hindari makanan berkolesterol tinggi seperti junk food, daging merah dan seafood, ganti dengan sayur dan buah. Anti oksidan yang terdapat pada keduanya akan berkontribusi tak hanya jauhkan dari penyakit, tapi juga menjaga kesehatan kulit.




Oleh : Adi Cahyo