Tips Menghadapi Pekerjaan Setelah Libur Panjang

Senin, 20 Jul 2015 | 07.00 WIB

Tips Menghadapi Pekerjaan Setelah Libur Panjang


Surabaya - Terlalu lama bersantai setelah libur lebaran, bisa jadi timbul rasa malas saat pertama harus dihadapkan pada meja kantor. Selain jam kantor yang berjalan kurang efektif, hal ini juga membuat tak sedikit dari kita stres di hari pertama bekerja setelah libur panjang. Untuk mengatasinya, berikut tips diantaranya.

Ambil Hari Tengah Minggu

Seperti hari rabu, karena hanya 3-4 hari kerja dan kembali libur, akan membuat stamina dan semangat bekerja lebih baik. Hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang mengambil hari kerja pada hari senin, dengan hari kerja lebih panjang, sebelum libur kembali, hal ini biasanya akan membebani pikiran dan membunuh produktivitas. Cara ini tentu saja jika Anda memungkinkan memilih libur sendiri (Atau menambah cuti).

Jaga Mood Saat Bekerja

Saat berangkat kerja, usahakan memiliki perasaan lebih senang, dengan tersadar saat liburan telah usai. Untuk mewujudkannya, usahakan tidur dengan cukup (8 jam sehari), cara ini akan membuat Anda bangun dengan segar dan lebih siap dalam menghadapi hari. Cara ini juga kemudian menjadi energi positif dalam melecut kreativitas dan produktivitas Anda.

Nikmati Suasana Kerja

Banyak cara untuk menikmati jam kerja dengan nyaman dan menyenangkan saat berada di kantor. Diantaranya mengonsumsi secangkir cokelat panas kesukaan atau minuman favorit kita yang lain. Kenakan juga beberapa barang baru untuk lebih menikmati jam kerja yang menyenangkan dan bersemangat.

Datang Lebih Awal

Datang lebih awal, atau setidaknya satu jam lebih cepat, hal ini lebih kurang diantisipasi banyak orang. Karena biasanya, setelah lama berlibur, segudang pekerjaan akan tertumpuk dan memiliki waktu ekstra dalam mengerjakan dari jam kantor biasa.

Jangan Terlalu Banyak Rencana

Memiliki rencana di hari pertama kerja bisa jadi hal yang membuat pekerjaan Anda lebih terstruktur dengan baik. Tapi ingat jangan terlalu banyak membuat rencana. Karena Anda belum tahu apa yang terjadi di hari pertama kerja setelah libur panjang. Apakah rekan yang masih tidak masuk, atau beberapa perusahaan lain yang masih libur, akan membuat pekerjaan Anda sia-sia. Belum lagi rencana bersilaturahmi di kantor, membuat jam kantor akan tersita banyak.




Oleh : Adi Cahyo / Dbs