Apple - Samsung Siap Buat Ponsel Tanpa SIM Card

Minggu, 19 Jul 2015 | 22.00 WIB

Apple - Samsung Siap Buat Ponsel Tanpa SIM Card


CENTROONE.COM - Sejumlah penyedia layanan komunikasi dan produsen smartphone dilaporkan tengah mengembangkan sebuah teknologi baru untuk mengupdate sim card yang sekarang digunakan berjuta-juta pengguna ponsel di seluruh dunia. 

SIM card baru ini nantinya memungkinkan pengguna berganti operator.  Pengguna bisa berganti operator tanpa perlu membeli kartu baru. Pergantian provider cukup dilakukan di antarmuka ponsel.  Standar baru itu disebut-sebut bakal meluncur pada tahun depan.

GSM Association mengatakan kebanyakan operator terlibat dalam proses peralihan ke SIM card baru ini. Di antaranya termasuk AT&T, Deutsche Telekom, Vodafone, Telefonica, dan Orange. Asosiasi itu mengkonfirmasi bahwa Apple dan Samsung berpartisipasi dalam pengembangan standar baru itu.

Apple sendiri tahun lalu telah memperkenalkan Apple SIM pada iPad, yang mendukung konektivitas Long Term Evolution (LTE).  Apple SIM memungkinkan pengguna iPad berganti operator. Seperti diberitakan Financial Times, ada kemungkinan model ini pun akan diterapkan pada perangkat iPhone sebelum  SIM card baru muncul. 

Dengan menghilangkan tempat kartu SIM seperti yang ada di ponsel-ponsel saat ini, pabrikan ponsel akan berpeluang menciptakan ponsel yang lebih tipis lagi. bbs