H-1 Lebaran, Arus Mudik di Purabaya Tinggi

Jumat, 17 Jul 2015 | 09.00 WIB

H-1 Lebaran, Arus Mudik di Purabaya Tinggi

Kegiatan Arus Mudik di Terminal Bungurasih


CENTROONE.COM - Arus mudik di terminal Purabaya terpantau tinggi dibanding tahun lalu. Pada H-2 lebaran, jumlah penumpang yang hendak mudik sampai Rabu (15/7/2015) sore mencapai 90 ribu penumpang. Sementara pada Kamis (16/7/2015) jumlah penumpang pada sore hari tercatat sudah melebihi angka 91 ribu.

Hal ini tentu saja lebih tinggi dari dua tahun sebelumnya. Pada 2013, puncak arus mudik pada H-1 lebaran mencapai 91 ribu penumpang, sementara pada 2014 mencapai 81 ribu penumpang. Namun tingginya arus mudik pada tahun ini jadi perhatian pihak pengelola atau UPTD Terminal Purabaya.

Menurut Kepala UPTD Terminal Purabaya May Ronald, pihaknya sudah melakukan langkah antisipatif. Seperti menyediakan armada tambahan untuk arus mudik kali ini. “Jumlah armada normal sekitar 800-an armada. Namun untuk mem-back-up lonjakan penumpang pada mudik kali ini, kita siapkan lebih dari 120 bus pariwisata untuk melayani perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 20 sampai 30 bus Damri untuk perjalanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP),” jelas May Ronald.

Namun UPTD Terminal Purabaya tak sekadar menyediakan bus tambahan saja. Sejak Ramadhan, seluruh bus diperiksa kelengkapannya agar mampu melayani arus mudik dengan aman dan nyaman. “Keselamatan kita utamakan. Saat kita periksa, jika ada bus yang kacanya retak saja, kita tak perbolehkan untuk beroperasi. Kita periksa demi kenyamanan dan keamanan penumpang mudik dan balik,” aku dia.

Begitu juga dengan para sopirnya, sejak awal Ramadhan, sudah dilakukan pengecekan atau pemeriksaan berkala. Jangan sampai ada sopir yang membawa penumpang pada arus mudik dan balik ini yang kena pengaruh alcohol ataupun narkoba.  

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra