Gereja Ayam Magelang Hebohkan Dunia Internasional

Kamis, 16 Jul 2015 | 16.00 WIB

Gereja Ayam Magelang Hebohkan Dunia Internasional

Gereja "ayam" di Magelang (WowSachk)


CENTROONE.COM - Sebuah bangunan gereja berbentuk ayam di Kota Magelang, Jawa Tengah belakangan tengah jadi perbincangan hangat di dunia maya. 

Bertetangga dengan Candi Borobudur, gereja unik itu hanya berada 2,5 km dari Candi tersebut. Tepatnya di bukit desa Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang.

Keberadaan gereja ayam ini sendiri sebenarnya sudah sejak lama. Namun baru jadi perbincangan setelah media internasional asal Inggris, The Daily Mail, mengangkatnya dalam salah satu pemberitaan mereka. Orang di balik gereja nyentrik tersebut adalah Daniel Alamsjah. Pria yang kini berusia 67 itu adalah pengusaha asal Jakarta.



Daniel mengaku mendapatkan wahyu dari Tuhan, sebelum mendapatkan lokasi pendirian gereja itu. Gereja yang sebenarnya dibangun dengan model mirip Merpati itu sebenarnya hendak dipakai untuk lokasi retret, penyembuhan orang yang menderita penyakit, dan pelbagai aktivitas sosial lainnya.  "Saya mendapat ilham dari Tuhan untuk membangun tempat ibadah," ujarnya seperti dilansir dari Daily Mail.  



Namun sayang, krisis 1997 membuat upayanya membangun tempat ibadah itu kandas. Disebutkan pula adanya sedikit penolakan dari warga sekitar. Akibatnya, gereja itu kini terlantara.  Di dalam gereja jangan harap ada bangku atau altar. Hanya ada pilar dan tanah kosong tidak terawat.bbs