Cegah Urbanisasi, Intensifkan Operasi Yustisi

Kamis, 16 Jul 2015 | 08.00 WIB

Cegah Urbanisasi, Intensifkan Operasi Yustisi

operasi yustisi


CENTROONE.COM - Pasca-libur lebaran, Kota Surabaya bakal jadi serbuan penduduk baru. Untuk mengantisipasi membludaknya penambahan penduduk baru di kota ini, DPRD Surabaya meminta pemkot mengintensifkan operasi yustisi pasca-lebaran guna mengantisipasi arus urbanisasi.

Disampaikan Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha, dalam operasi tersebut seyogyanya melibatkan para aparat mulai camat, lurah hingga RW dan RT. Tujuannya agar mengetahui siapa saja yang menjadi penduduk baru di wilayahnya.

Dia menambahkan, penertiban administrasi kependudukan diintensifkan, karena tidak ada upaya yang efektif guna membendung migrasi penduduk dari desa ke kota Surabaya. “Kita tidak bisa batasi orang datang ke Surabaya,” katanya.

Yang menjadi dorongan bagi pendatang adalah cerita keberhasilan kerabatnya yang lebih dulu tinggal di kota ini. Masduki mengatakan, Pemkot Surabaya sebenarnya tak mempermasalahkan datangnya para urban, asalkan mereka memiliki bekal keahlian atau ketrampilan.

Menurutnya, jika tak mempunyai ketrampilan, dikhawatirkan akan menjadi beban bagi kota Surabaya, karena akan menambah jumlah pengangguran di wilayahnya. Dia mengimbau kepada warga urban, untuk mematuhi ketentuan yang ditetapkan pemkot ketika datang ke Surabaya. Diantaranya, mempunyai identitas diri yang jelas seperti Kartu Identitas Penduduk Musiman.  

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra