Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Kamis, 16 Jul 2015 | 12.00 WIB

Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran


CENTROONE.COM - Jelang lebaran, banyak perumahan sepi karena ditinggal mudik penghuninya. 

Meskipun tetap ada satpam atau kegiatan ronda malam, tetap saja rumah yang sepi tanpa penghuni sering jadi target empuk para maling. Untuk menjaga rumah tetap aman saat ditinggal mudik, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

1.  Jauhkan benda berharga dari jendela.  Menjauhkan benda-benda berharga terutama barang elektronik seperti TV atau komputer dari jendela ,membuat mereka yang jahil atau berniat jelek kesulitan mengintip isi rumah dari luar. Kalau perlu masukkan benda berharga di suatu tempat tertutup seperti lemari.

2. Menjaga rumah tetap hidup.  Memberikan kesan bahwa rumah Anda ada penghuninya adalah cara pasti untuk mencegah pencurian.  Gunakan pengatur listrik atau lampu di beberapa titik, seperti ruang keluarga dan teras.  Dengan lampu yang terus hidup mati secara beraturan, membuat rumah tetap terlihat berpenghuni.

3.  Segel kaca geser. Jendela atau pintu dengan sistem geser merupakan salah satu tempat favorit para kriminal untuk membobol suatu rumah.  Untuk mengatasinya sangat sederhana, cukup sediakan sepotong kayu seukuran alur kaca geser tersebut, sepanjang ukuran kaca. Letakkan kayu tersebut, baringkan di alur yang berlawanan dengan kaca geser untuk menghambat gerak geser dari kaca.

4.  Memastikan pintu terkunci. Terburu-buru terkadang membuat seseorang lupa hal kecil namun penting.  Sebelum pergi pastikan dengan benar, semua pintu rumah telah terkunci. bbs