Dilarang Untuk Mudik, Mobil Dinas Pemkot Dikandangkan

Rabu, 15 Jul 2015 | 23.55 WIB

Dilarang Untuk Mudik, Mobil Dinas Pemkot Dikandangkan

Mobil Dinas Pemkot Surabaya dikandangkan (Windhi/Centroone)


CENTROONE.COM - Hari Rabu (15/7/2015) seluruh mobil dinas di lingkungan Pemkot Surabaya kandangkan. Hal ini sebagai bukti kepatuhan pemkot atas instruksi MenPAN-RB dan KPK yang melarang mobil dinas dipakai untuk mudik lebaran.

Ratusan mobil dinas dari berbagai jenis itu memenuhi sekeliling Balai Kota. Penjagaan pun dikerahkan. Petugas Bakesbangpol Linmas dan Satpol PP Kota Surabaya bersiaga di lokasi Balai Kota. Kendaraan-kendaraan tersebut di parkir di bagian belakang Balai Kota, halaman gedung Graha Sawunggaling dan sepanjang Jl Jimerto. Sehubungan dengan hal tersebut, kompleks Balai Kota dan Jl Jimerto ditutup total.

Kabag Perlengkapan Kota Surabaya Noer Oemarijati mengatakan, pengumpulan kendaraan dinas tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran Sekretaris Daerah Kota Surabaya nomor 024/3290/436.3.2/2015 tanggal 30 Juni 2015.

Adapun bunyi surat edaran tersebut antara lain melarang penggunaan kendaraan dinas untuk keperluan pribadi selama masa libur lebaran. Pengumpulan kendaraan dilaksanakan mulai Rabu (15/7) pukul 15.00 sampai 18.00.

Kendati demikian, tidak semua mobil pelat merah wajib dikandangkan. Pengecualian berlaku bagi ambulans, mobil patroli maupun mobil operasional lainnya seperti bus atau kendaraan Dinas Perhubungan, truk Satpol PP maupun Linmas serta truk Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

Noer menambahkan, berdasar data Bagian Perlengkapan, total kendaraan yang wajib parkir di sekitar Balai Kota sejumlah 354 mobil. Selama libur lebaran, mobil-mobil tersebut akan dijaga selama 24 jam secara bergantian oleh petugas Satpol PP, Linmas, Dinas Kebakaran dan Bagian Perlengkapan. “Kendaraan dinas dapat diambil kembali pada Selasa, 21 Juli 2015 mulai pukul 09.00,” tegas Noer Oemarijati.  Kendaraan dinas milik Pemkot Surabaya yang sudah dikandangkan.

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra