KPK Tahan Tersangka Korupsi PDAM Makassar

Rabu, 15 Jul 2015 | 19.47 WIB

KPK Tahan Tersangka Korupsi PDAM Makassar


CENTROONE.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Direktur Utama PT Traya Tirta Makassar, Hengki Widjaja, Selasa (15/7/2015). Hengki ditahan usai menjalani pemeriksaan dalam kapasitasnya senbagai kasus dugaan korupsi instalasi pengolahan air PDAM Makassar.

Hengki nampak telah memakai rompi tahanan KPK berwarna oranye saat keluar dari Gedung KPK, sekitar pukul 16.50 WIB. Sayangnya, Hengki tidak memberikan komentar mengenai penahanannya tersebut. Dikawal petugas keamanan, Hengki langsung dibawa masuk ke dalam mobil tahanan.

Menurut informasi yang dihimpun, Hengki akan ditahan dengan dititipkan di Rutan Polda Metro Jaya. Dia akan ditahan untuk 20 hari pertama. Hengki telah ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan mantan Walikota Makassar, llham Arief Sirajuddin dalam perkara ini.

Perusahaan Hengki merupakan pihak swasta yang diketahui dengan PDAM melakukan kerjasama dalam proyek rehabilitasi, kelola, dan transfer terkait pengelolaan air. Ilham Arief Sirajuddin diduga melakukan penyalahgunaan kewenangannya selaku walikota sesuai dengan pasal yang disangkakan padanya.

Keduanya diduga melanggar pasal melanggar pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra