Google Peringati 40 Tahun Pembukaan Pertama Monas

Minggu, 12 Jul 2015 | 06.29 WIB

Google Peringati 40 Tahun Pembukaan Pertama Monas

Foto udara Monumen Nasional menggunakan Helikopter Super Puma NAS-332 milik Skuadron 45 TNI AU di Jakarta, Kamis (18/6). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf


CENTROONE.COM - Google Doodle Hari ini, Minggu, (12/7/2015) berhias gambar Monumen Nasional atau biasa yang disebut sebagai Monas. Hal itu merupakan salah satu cara Google memperingati 40 tahun pembukaan pertama Monas, yaitu pada 12 Juli 1975.

Bangunan, yang juga disebut sebagai Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Tugu ini diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R. M. Soedarsono  Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.



Di Kaki Monas, dalam rangka mengenang perjuangan rakyat Indonesia juga dibangun Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Ruangan besar berlapis marmer ini terdapat 48 diorama pada keempat sisinya dan 3 diorama di tengah, sehingga menjadi total 51 diorama.

Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru.  Monas sendiri meski dibangun untuk seluruh rakyat Indonesia, juga dikenal sebagai simbol utama DKI Jakarta, ibukota Negara Indonesia.  bbs