Hiu Dalam Kawah Gunung Berapi

Sabtu, 11 Jul 2015 | 11.06 WIB

Hiu Dalam Kawah Gunung Berapi


Dengan menggunakan kamera yang dirancang untuk lautan dalam, ilmuwan mengambil film tentang ikan Hiu yang berenang dalam kawah gunung berapi bawah air dekat kepulauan Solomon, seperti yang dilaporkan oleh National Geographic.

Dikarenakan terbatasnya pemahaman tentang kondisi Geology dan Biologi Gunung berapi yang bernama Kavachi tersebut, tim ekspedisi yang dipimpin Brennan Phillips mengirimkan kamera dan perangkat lainnya untuk mengambil gambar Hiu Martil dan Hiu Sutra yang sepertinya tidak merasa terganggu dengan tingkat keasaman air dan temperatur yang tinggi.

Tidak ada yang tahu pasti seberapa sering Kavachi meletus, jelas Phillips yang menyebutnya secara aktif menyemburkan lava panas, debu dan uap ke udara. Ini adalah tempat berbahaya. Para penyelam yang mendekati bagian terluar gunung itu harus mundur karena panasnya dan juga kulit yang terbakar oleh kandungan asam dalam air.

Penemuan ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana dan dalam kondisi lingkungan se-ekstrim apa Ikan Hiu mampu bertahan, perubahan seperti apa yang mereka alami ?! apakah hanya mahluk tertentu yang sanggup bertahan dalam kondisi lingkungan yang bahkan manusia tidak mampu mendekatinya.

‚Äč
Editor: Iyung.