Tak Dikira Usia Gadis Ini Masih 18 Tahun

Sabtu, 11 Jul 2015 | 09.10 WIB

Tak Dikira Usia Gadis Ini Masih 18 Tahun

Ana Rochelle Pondare


Usia 18 tahun seharusnya adalah masa remaja yg merupakan suatu periode transisi dari masa awal anak anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis

Ana Rochelle Pondare. Usianya baru 18 tahun. Namun gadis asal Filipina ini memiliki tubuh bak perempuan yang sudah berusia 144 tahun.

Ana memang terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Semua itu karena dia menderita kelainan genetik langka yang disebut progeria. Kelainan itu menyebabkan fisiknya menua 10 kali lebih cepat dari yang semestinya.

Orang yang menderita kelainan seperti Ana ini diprediksi tak akan bertahan hidup lebih dari 14 tahun. Namun keajaiban terjadi pada kasus Ana. Sampai usia 18 tahun, dia masih tetap sehat.

Oleh karena itulah, Ana menggelar perayaan ulang tahun ke 18 dengan meriah. Dalam pesta itu, dia mengenakan kostum menyerupai seorang puteri. Empat tahun lalu, saat usianya 14 tahun, dia berkata: “Saya bukan gadis yang sempurna.”

“Dokter mengatakan bahwa saya menua terlalu cepat dan hidup saya di Bumi, setelah 15 tahun, saya akan meninggal,” tambah Ana sebagaimana dikutip dari Asia One.

Ya, Ana telah melewati batas usia yang diprediksi oleh dokter. Diduga, itu semua karena Ana mengatur pola makan dan mengoleskan krim pada kulitnya.

Dan pada ulang tahun ke 18 itu, Ana mendapatkan sebagian mimpinya. Dia bisa bertemu dengan idolanya, Sarah Geronimo, seorang penyanyi cantik Filipina. Mereka berfoto bersama.

Menurut the Progeria Research Foundation, ada sekitar 80 anak menderita kelainan seperti Ana ini. Dan dari jumlah itu, dua di antaranya berada di Filipina.