Kecoa dan Manfaat Kesehatan Bagi Anak

Sabtu, 11 Jul 2015 | 09.30 WIB

Kecoa dan Manfaat Kesehatan Bagi Anak


Centroone.com - Kemunculan kecoa di rumah yang sering dijadikan parameter tingkat kebersihan rumah rupanya tidak berlaku pada kualitas anak. Karena percaya atau tidak, kotoran kecoa dalam penelitian membantu anak terhindar dari alergi. Berikut ulasan lebih lanjut.

Lingkungan rumah yang terlalu bersih dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins Children's Center akan meningkatkan risiko anak mengalami alergi. Dan sebaliknya, dilingkungan yang sering muncul kecoa (Meski demikian tidak terlalu kotor), justru dapat menekan risiko alergi, terutama bagi bayi yang barusaja dilahirkan.

Dalam studi yang telah diterbitkan oleh Journal of Allergy and Clinical Immunology ini mengatakan, bayi yang terpapar debu, bulu binatang dan bahkan alergen (Kotoran) dari kecoa dan tikus, cenderung memiliki risiko alergi lebih kecil. tentu hal ini jika dibandingkan dengan bayi yang hidup di lingkungan super bersih.

Dalam studinya, para peneliti mengumpulkan 467 sampel dari bayi yang baru lahir. Peneliti kemudian memonitor hasil tes darah tanda alergi dengan kadar alergen dan bakteri dirumah mereka tinggal.

Hasilnya, bayi yang sering terpapar rambut kucing, tikus, bahkan kotoran kecoa di usia sebelum satu tahun memiliki tingkat alergi lebih kecil. Ini dikarenakan sistem imun yang terbentuk dengan baik, membuat anak mudah mengatasi dampak buruk dari paparan bakteri dan kuman penyakit.

"Studi kami menunjukkan waktu awal terpapar alergen merupakan saat yang kritis," ujar penulis studi Robert Wood, ketua divisi alergi dan imunologi di Johns Hopkins Children's Center. Ia menambahkan, bukan hanya respon imun yang terbentuk, karena hal ini juga melatis sistem imun tertentu untuk bekerja lebih optimal. Ini sangat berguna saat anak tumbuh kelak.




Oleh : Adi Cahyo / berbagai sumber