Surabaya Segera Punya Dua Rumah Sakit Baru

Sabtu, 11 Jul 2015 | 08.00 WIB

Surabaya Segera Punya Dua Rumah Sakit Baru

Rapat koordinasi membahas rumah sakit baru di Surabaya. (Windhi/Centroone)


CENTROONE.COM -  Pemkot Surabaya serius menjadikan pelayanan kesehatan sebagai kekuatan untuk membantu warganya. Karena itu, dua rumah sakit yang sudah ada (RSUD dr M Soewandhie dan RSUD Bakti Dharma Husada) masih dianggap kurang dan belum mewakili daerah yang ada. Kini Pemkot Surabaya terus mematangkan rencana pembangunan dua rumah sakit baru di Balas Klumprik dan Gunung Anyar.

Sampai saat ini, proses persiapan sudah memasuki tahap pembahasan desain bangunan. Dalam rapat koordinasi yang digelar di balai kota, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengutarakan beberapa konsep desain rumah sakit ideal. Salah satunya, bangunan rumah sakit nantinya harus menganut prinsip eco-building. Oleh karenanya, karakteristik bangunan akan dirancang khusus dengan tujuan memaksimalkan energi matahari, baik untuk penerangan maupun energi alternatif lainnya.

Terkait penataan posisi bangunan, Risma, sapaan Tri Rismaharini, menghendaki agar seluruh bagian rumah sakit terintegrasi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mobilitas dokter dari satu bagian rumah sakit ke bagian lainnya.  “Jadi dokter maupun perawat tidak perlu jalan jauh-jauh,” kata Risma sembari mengisyaratkan pembangunan rumah sakit lebih ke arah vertikal building.

Pembahasan dalam pertemuan tersebut juga menyangkut lay out  kamar inap pasien. Demi kenyamanan pasien dan penunggu pasien, jarak antar tempat tidur akan diatur lebih renggang. Di samping itu, juga akan disediakan ruang tunggu khusus agar para pembesuk lebih rapi dan teratur.

Selain soal desain gedung, walikota juga memberi perhatian terhadap kualitas peralatan kesehatan. Menurut alumnus ITS ini, kualitas teknologi kesehatan di rumah sakit baru tidak boleh kalah dengan rumah sakit swasta. Untuk itu, dia mewanti-wanti agar alat-alat kesehatan yang didatangkan nanti benar-benar canggih. “Kalau peralatannya canggih, para profesor nanti akan tertarik datang,” imbuhnya.

Rencana pembangunan dua rumah sakit baru ini membuat pemkot berkewajiban menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Demi menjamin terpenuhinya SDM, Wali Kota Risma akan menempuh sejumlah upaya, di antaranya mengajukan permohonan formasi khusus kepada pemerintah pusat.  


oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra