Awal Puasa Ijinkan, Jelang Lebaran Dilarang

Jumat, 10 Jul 2015 | 17.00 WIB

Awal Puasa Ijinkan, Jelang Lebaran Dilarang

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi (ANTARA)


CENTROONE.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menjilat ludahnya sendiri.

Setelah pada bulan Juni lalu, di awal bulan Puasa Ramadhan, pria yang juga Guru Besar Universitas Nasional Jakarta itu memberikan izin kepada para PNS menggunakan kendaraan dinas untuk mudik. Pemakaian kendaraan dinas tersebut, lanjut Yuddy saat itu, berlaku syarat yaitu bagi PNS yang belum mempunyai keluarga, kemudian tidak memiliki kendaraan pribadi dan yang penghasilannya masih bisa dikatakan rendah.

Namun kini , hanya seminggu sebelum lebaran, kebijakan Yuddy Chrisnandi berbalik arah. Berdalih mengikuti kebijakan Wapres Jusuf Kalla, Yuddy Chrisnandi kini melarang penggunaan mobil dinas untuk mudik, dan telah menyiapkan sanks bagi PNS yang melanggar.  "Saya mengikuti kebijakan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jadi, bagi yang menggunakan kendaraan dinas tanpa izin akan mendapatkan sanksi," ujarnya Yuddy Chrisnandi, Jumat, (10/7/2015).

Yuddy Chrisnandi menambahkan , para pelanggar kebijakan ini akan dikenai sanksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Yuddy sendiri membantah jika perubahan kebijakannya ini terkait dengan banyaknya opini publik yang beredar.

  "Jika kebijakan memiliki landasan hukum dan tujuan yang baik, saya tidak takut dengan opini publik. Sekuat apapun hak yuridis dan akademis saya untuk mengambil kebijakan, saya harus tetap patuh kepada pimpinan tertinggi," ujarnya. bbs