Raung Mengaum, JetStar - Virgin Australia Tunda Penerbangan ke Bali

Jumat, 10 Jul 2015 | 10.51 WIB

Raung Mengaum, JetStar - Virgin Australia Tunda Penerbangan ke Bali

Pesawat JetStar- Virgin Australia (IST)


CENTROONE.COM - Aktivitas vulkanis gunung Raung, Bondowoso, Jawa Timur kembali membuat dunia penerbangan kacau.  Setelah akhir pekan lalu sejumlah penerbangan dari Australia ke Bali terpaksa dicancel akibat aktivitas Gunung Raung, pekan ini hal serupa kembali terjadi.

Selama dua hari terakhir,  penerbangan Australia dan Bali terganggu hembusan abu vulkanik dari Gunung Raung. Akibat hal ini, Virgin Australia, Jumat, (10/7/2015) mengumumkan penundaan seluruh penerbangan tujuan Bandara Denpasar dan akan memutuskan apakah juga akan menunda seluruh penerbangan mereka dari Denpasar.

Sementara itu Jetstar memilih menunda semua penerbangan Jumat pagi ke Denpasar dengan alasan serupa.  Meskipun jarak Gunung Raung dari Denpasar sekitar 150 km namun abu vulkanik yang terletak di Jawa Timur tersebut bergerak ke arah Bali, menimbulkan masalah jarak pandang.

Virgin mengimbau penumpang dari Denpasar yang akan kembali ke Australia untuk mengecek pengumuman terbaru di website mereka sebelum berangkat ke bandara. "Penerbangan tambahan antara Australia dan Denpasar telah dijadwalkan guna membantu para pelanggan," demikian dijelaskan Virgin Australia.

Diperkirakan awan debu vulkanik ini akan bergeser dalam 24 jam ke depan tapi semburan abu dari Gunung raung masih akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan.Sebelumnya,pada Sabtu (5/7/2015), Virgin Airlines membatalkan sebanyak tujuh jadwal penerbangan dari sejumlah kota di Australia seperti Melbourne, Sydney, dan Perth, menuju Bali.

Selain itu, Jetstar juga membatalkan penerbangan ke Bali dengan alasan keamanan dampak dari meletusnya Gunung Raung di Jawa Timur. Saat itu total diperkirakan sekitar 3.000 penumpang tidak dapat diterbangkan ke Bali karena pembatalan tersebut. bbs