Tips Tingkatkan Produksi ASI dengan Cara Lezat

Senin, 08 Jun 2015 | 14.00 WIB

Tips Tingkatkan Produksi ASI dengan Cara Lezat

Konsumsi harian kacang hijau akan memberi manfaat pada produksi susu (foto : ist)


Centroone.com – Mengingat pentingnya ASI  (Air Susu Ibu) bagi perkembangan awal si kecil membuat ibu begitu menggebu-gebu memberi susu mereka untuk si buah hati. Sayangnya, tak selalu usaha pertama tersebut berjalan lancar, kendala utamanya adalah susu yang keluar kurang lancar.

Hal tersebut dialami oleh banyak orang, tak hanya di Indonesia, tapi kebanyakan wanita hamil di seluruh dunia. Nah, beberapa ibu akhirnya menyerah dan menggantikan susu ASI dengan formula. Namun jika Anda yang tetap berjuang akan memberi ASI bagi si kecil, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi ASI sesuai dengan keinginan.

Makan kedelai Jepang

Makanan ini biasa juga dikenal dengan istilah Edamame. Dalam Edamame, terdapat beberapa nutrisi yang dapat meningkatkan kualitas air susu ibu. Seperti Protein hingga 65 gram. Konsumsi secara rutin Edamame akan membuat ASI kian lancar.

Kacang Kedelai

Seperti Edamame, kacang kedelai juga dapat meningkatkan produksi ASI. Hal ini dikarenakan pada kacang kedelai terdapat kaya protein, phytoestrogen dan bahan lain yang membuat produksi ASI minimal terjaga dengan baik.

Pepaya

Dalam pepaya terdapat kandungan 50% Kalium lebih banyak ketimbang jeruk. Kalium adalah bahan yang baik dalam menjaga mood, sehingga ibu tak mudah stress setelah hamil. Hal ini penting karena mood buruk akan menurunkan kualitas dan kuantitas produksi ASI.

Semangka

Segar dimakan karena kandungan air yang tinggi, ternyata semangka juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kuantitas produksi ASI. Pada dasarnya orang menyusui membutuhkan asupan vitamin A dibanding wanita normal. Dan nutrisi ini ada pada semangka.

Kacang hijau

Kandungan protein Kaya protein, tiamin (vitamin B1), zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan mangan membuat kacang hijau baik dikonsumsi saat hamil. Tak hanya itu, dalam kacang hijau juga terdapat kandungan rendah kandungan natrium, lemak jenuh dan tidak ada kolesterol. Sehingga kacang hijau di rekomendasikan untuk meningkatkan produksi ASI.


Oleh : Adi Cahyo