Sudah Benarkah Anda Gunakan Handuk ?

Senin, 08 Jun 2015 | 13.00 WIB

Sudah Benarkah Anda Gunakan Handuk ?

Seperti pakaian, penggunaan handuk ada aturannya (foto : ist)


Centroone.com – Disadari atau tidak, benda paling luput dari perhatian dan kerap digunakan sehari-hari adalah, handuk. Padahal, seperti jenis benda yang lain sering digunakan dalam jangka waktu tertentu, handuk juga kerap menjadi sarang kuman.

Sudah benarkah Anda menggunakan handuk di rumah ? Sebuah penelitian lembaga kesehatan konsumen di Amerika Serikat, baru-baru ini mengunkap, benda-benda yang kerap menjadi sarang kuman dan bakteri. Salah satunya handuk yang sudah dipakai dalam jangka waktu cukup lama.

Pada dasarnya, dibanding dengan benda lain, handuk kerap menjadi benda paling mudah lembab di rumah. Dan bahkan Anda mencucinya dengan deterjen dan pewangi, handuk kerap mudah berbau.

Pentingnya mengganti handuk kerap disarankan dilakukan dalam jangka waktu tak terlalu lama. Terlebih saat Anda sembuh dari sakit, ada baiknya Anda segera ambil handuk baru di lemari. Sementara untuk handuk yang dipakai saat sakit, ada baiknya Anda mencucinya dengan campuran bahan disinfektan.

Tak hanya itu, agar handuk tak mudah lembab dan menjadi sarang penyakit, ada baiknya benda ini dikeringkan. Lebih tepatnya terpapar sinar matahari semua bagian, hingga benda ini benar-benar kering.

Sementara menurut Dr.Eric Schweiger, ahli dermatologi, untuk kebutuhan mencuci muka, pada dasarnya handuk bisa digunakan berkali-kali. Sementara untuk mengelap keringat dan kosmetik, ada baiknya handuk digunakan sekali pakai dicuci.

Oleh : Adi Cahyo