Sosok Dibalik Musik Paling Sering Diputar 

Sabtu, 06 Jun 2015 | 15.00 WIB

Sosok Dibalik Musik Paling Sering Diputar  <br>

Sosok Francisco Tartego (IST)


CENTROONE.COM - Nada  'Nokia Tune’ mencatatkan diri sebagai nada musik yang peling sering diputar dalam sejarah, setelah dimainkan 1,8 miliar kali sehari sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 1994. Nokia Tune yang merupakan nada default atau bawaan untuk ring tone ponsel jadul Nokia mencapai puncaknya jaya pada tahun 2010 dimana nada itu dimainkan 20.000 kali per detik.

Namun meskipun nada itu sangat akrab di telinga para pengguna ponsel, namun tahukah anda nada itu dibuat berdasarkan karya seorang komposer antah berantah? Ya,  'Nokia tune' dibuat berdasarkan pada karya gitaris abad ke-19 yang disebut Gran Vals oleh komposer Francisco Tartego.

Nokia Tune pertama kali dimainkan dalam iklan Nokia, tetapi kemudian dimasukkan dalam Nokia 2210, generasi perdana ponsel Nokia.

'Produk pertama yang keluar dengan nada itu adalah pada tahun 1994; Nokia 2110. Itu monofonik, yang berarti itu memainkan hanya satu note pada satu waktu. Itu bekerja sempurna dengan musik itu." ujar Head of Sound Design Nokia saat itu, Tapio Hakanen seperti dilansir dari Metro.  Tapio sendiri sekarang bekerja di Microsoft, pemilik baru brand Nokia.


oleh:William-editor:YL.antamaputra