TNI AU Pastikan 113 Penumpang Hercules Naas Tewas

Selasa, 30 Jun 2015 | 18.31 WIB

TNI AU Pastikan 113 Penumpang Hercules Naas Tewas

Evakuasi puing pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6). Sedikitnya 30 korban tewas dalam peristiwa tersebut. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/ss/15


CENTROONE.COM - Pencarian dan evakuasi terhadap korban jatuhnya Hercules C-130 dengan nomor registrasi A1310 terus dilakukan. Kepala Staf TNI AU Marsekal Agus Supriyatna, yang memantau langsung di tempat kejadian, menegaskan tidak ada korban selamat dari peristiwa naas tersebut.

“Kami sudah di lokasi, kami fokus pada evakuasi. Di dalam pesawat ada kru 12 dan 101 penumpang, meninggal semua,” jelas  Marsekal Agus Supriyatna, Selasa (30/6/2015).

Sementara itu menurut Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya  ada sejumlah penumpang sipil di dalam pesawat Hercules naas tersebut. Mereka adalah anggota keluarga anggota TNI yang berdinas. “Jadi begini, ini kan misalnya ada anggota TNI pindah dinas dari Medan. Anak istrinya dibawa, dinaikin ke Hercules,” jelas, Selasa (30/6/2015).

Menurut Fuad, jadi mereka warga sipil yang ada di pesawat itu keluarga. Bukan siapa-siapa. “Kalau orang sipil biasa nggak boleh,” tukasnya.

Hercules C-130 dengan nomor registrasi A1310  jatuh setelah terbang dari Lanud Soewondo. Pesawat menimpa bangunan Jl Djamin Ginting , Medan.  Pesawat ini baru saja terbang dari Lanud Soewondo, namun baru dua menit mengangkasa, pesawat meminta return to base. Namun setelah berupaya kembali pesawat jatuh. bbs