Hercules TNI AU Jatuh, 5 Prajurit Gugur

Selasa, 30 Jun 2015 | 14.31 WIB

Hercules TNI AU Jatuh, 5 Prajurit Gugur

Petugas gabungan berusaha memadamkan api pesawat Hercules yang jatuh, di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Rei/ama/15.


CENTROONE.COM - Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Fuad Basya membenarkan jatuhnya pesawat Hercules TNI AU di Medan, Sumatera Utara. Pesawat nahas dengan registrasi A1310 type C-130 itu membawa logistik. "Betul, jatuh," kata Mayjen Fuad Basya saat dikonfirmasi, Selasa (30/6/2015).

Pesawat itu terbang dari Lanud Suwondo, Medan menuju Tanjung Pinang dan Natuna. Sebelum jatuh, pesawat itu sempat berbelok ke kanan dan mengalami crash sebelum kontak dengan Medan APP. Dikatakan Fuad, saat ini evakuasi badan pesawat belum bisa dilakukan. "Kita fokus ke evakuasi untuk warga-warga yang rumahnya di sekitar lokasi," ujar dia.

Menurut informasi yang diterima, pesawat itu berisikan sekitar 12 personil TNI AU. Dilaporkan 5 orang personil gugur akibat kejadian tersebut. "Siapa-siapa saja belum tahu," imbuh dia.



Fuad memastikan bahwa pesawat itu telah dicek sebelum melakukan penerbangan. Kalau ada kerusakan salah satu peralatan, tegas Fuad, dipastikan pilot tidak akan menerbangkannya. "Dampak jatuhnya pesawat itu belum kita ketahui pasti. Tapi yang jelas kondisi pesawat sebelum terbang sudah dicek dengan teliti," tandas Fuad.


oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra