Susun Action Plan Suaka Ikan Kali Surabaya

Selasa, 30 Jun 2015 | 06.00 WIB

Susun Action Plan Suaka Ikan Kali Surabaya

Nelayan Surabaya saat panen Ikan (WIndhi/Centroone)


CENTROONE.COM - Guna menindaklajuti program suaka ikan Kali Surabaya, Pemprov Jatim akan menyusun Action Plan Pengelolaan Kawasan Kali Surabaya. Penyusunannya akan dikoordinasi dan difasilitasi Biro Administrasi Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Jatim.

Menurut Hadi Prasetyo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jatim, pembahasan penyusunan Action Plan itu akan digelar dalam Rakor dan Workshop di Bidang Pengelolaan Suaka Ikan Kali Surabaya, yang akan digelar pada 29-30 Juni 2015, di Hotel Swiss Belinn, Surabaya.

Pemprov Jatim akan melibatkan banyak pihak, diantaranya mereka yang punya kepentingan dengan fungsi dan keberadaan Kali Surabaya yang melintasi 5 kabupaten/kota di Jatim. Diantara institusi yang dipastikan akan dilibatkan dalam penyusunan Action Plan itu adalah Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim, termasuk dinas-dinas yang berkepentingan di semua kabupaten/kota yang wilayahnya dilintasi Kali Surabaya. Selain itu, para kepala desa, akademisi, pemerhati lingkungan, aktivis lingkungan, LSM dan beberapa perusahaan yang lokasinya berada di sepanjang Kali Surabaya.

Teguh Ardi Srianto, Ketua KJPL Indonesia mengatakan, dengan adanya tindak lanjut dan penyusunan Action Plan, organisasinya berharap akan ada ketegasan dari pemerintah pada para pelaku perusak lingkungan, khususnya di Kali Surabaya. "Selama ini, aturan hanya tegas dan jelas di atas kertas, tapi di dalam penegakannya selalu loyo dan ompong, sehingga tidak menimbulkan efek jera untuk pelanggarnya," ujar Teguh.


oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra