Manfaat Dibalik Konsumsi Apel Setiap Hari

Senin, 29 Jun 2015 | 02.53 WIB

Manfaat Dibalik Konsumsi Apel Setiap Hari

Ilustrasi Apel (foto : ist)


Centroone.com – Apel, bisa jadi buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sehingga dalam berbagai penelitian mengungkap, konsumsi harian apel disarankan dengan alasan peningkatan kualitas kesehatan seseorang. Berikut diantaranya :
Menjaga kualitas gigi
Konsumsi apel membuat gigi lebih sehat dan putih. Ini dikarenakan serat pada apel menjaga kondisi gigi selalu baik. nutrisi dalam apel juga membuat gusi terawat dengan baik sehingga Anda akan terhindar dari masalah pendarahan dan masalah bakteri pada mulut.
Perkecil risiko parkinson
Di dalam apel terdapat zat antioksidan yang dapat menjadi perlindungan terhadap beberapa jenis penyakit,s alah satunya parkinson. Penyakit ini umumnya terjadi karena kerusakan sel dopamin saraf, yang kemudian mempengaruhi seluruh sistem saraf. Selain itu, antioksidan pada apel juga dapat melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit.
Kurangi Risiko Diabetes
Ini dikarenakan pada apel terdapat serat larut yang berfungsi mengurangi kadar gula dalam darah dan di tubuh secara umum. Hal ini yang membuat risiko diabetes tipe dua pada seseorang menjadi lebih kecil, terutama pada perempuan.
Menjaga kualitas pencernaan
Serat laur dalam Apel juga dapat dimanfaatkan dalam mengendalikan tingkat kolesterol dalam tubuh. Hal ini membuat lemak dalam saluran pencernaan hancur secara alami, dan membuat usus lebih baik dan sehat. Selain itu, fungsi yang sama juga membuat seseorang terhindar dari masalah sembelit dan diare.
Sehatkan Jantung
Serat dalam Apel memiliki manfaat sebagai penghantar kolesterol ke arteri di dalam tubuh. Hal ini membuat saluran menjadi lancar, sehingga fungsi jantung bisa berjalan dengan normal. Artinya risiko terkena masalah jantung lebih kecil.
 
Oleh : Adi Cahyo