Pentingnya Vitamin D, Atau Penyakit Mudah Menyerang

Senin, 29 Jun 2015 | 12.00 WIB

Pentingnya Vitamin D, Atau Penyakit Mudah Menyerang

Vitamin D instan dari sinar matahari (foto : ist)


Centroone.com – Berpuasa tak menjadi alasan orang untuk menjadi sering sakit. Ini dikarenakan kuantitas makan dan minum yang dibatasi. Karena kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk menjaga kebugaran tak hanya datang dari makanan.
Dalam hal ini sebuah penelitian mengungkap manfaat vitamin D untuk menjaga kualitas kebugaran pada tubuh seseorang. Dan kebutuhan vitamin D bisa didapat dari paparan sinar matahari yang dalam penelitian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut diantaranya :
 Menjaga suasana hati tetap baik
Hal ini dikarenakan dalam vitamin D terdapat hormone serotonin atau biasa dikenal dengan hormon kebahagiaan. Hormon ini kerap berkaitan dengan suasana hati. Peningkatan produksi hormon ini dapat dilakukan dengan paparan sinar matahari.
Tingkatkan Kualitas kesehatan
Dalam vitamin D terdapat zat imunitas yang baik untuk menjaga tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Dalam beberapa penelitian, vitamin D bahkan menurunkan risiko infeksi, serta mencegah serangan beragam jenis penyakit.
Kurangi nyeri dan rasa sakit
Anda sering merasakan rasa nyeri dan kaku di tulang dan otot, bisa jadi Sinar Matahari jawabnya. Terpapar sinar matahari setiap hari akan meningkatkan penyerapan kalsium. Bahan yang digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot.
Selain paparan sinar matahari, konsumsi vitamin D juga bisa didapat dari beberapa jenis makanan. Seperti pada bahan ikan-ikanan, protein hewani dan nabati. Hal ini bisa Anda dapatkan dari salmon, mackerel, telur, dan sereal.
 
Oleh : Adi Cahyo