KPK: Mobil Dinas Bukan untuk Dipakai Mudik Lebaran

Minggu, 28 Jun 2015 | 10.00 WIB

KPK: Mobil Dinas Bukan untuk Dipakai Mudik Lebaran

Mobil dinas pemkot Surabaya


CENTROONE.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan mobil dinas merupakan properti negara yang tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi.

Pun termasuk digunakan untuk keperluan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2015 ini. "Jangan sampai properti negara yang seharusnya digunakan kepentingan tugas, dipakai untuk kepentingan pribadi," tegas Pelaksana Tugas (Plt) Komisioner KPK, Johan Budi SP saat dikonfirmasi, Minggu (28/6/2015).

Sebab itu, lembaga antirasuah ini mengimbau agar para PNS tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik. Imbauan itu sendiri menanggapi izin yang diberikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Yuddy Chrisnandi kepada para PNS menggunakan kendaraan dinasnya untuk dipakai mudik.

Pun demikian, kata Johan, KPK menyerahkan keputusan tersebut kepada kementerian. Menurut Johan, pihaknya tidak akan menerbitkan surat edaran mengenai penggunaan mobil dinas. KPK, kata Johan, biasanya hanya mengimbau PNS untuk tidak menerima gratifikasi menjelang lebaran.

"Biasanya imbauan untuk tidak menerima gratifikasi," tandas Johan. Menteri Yuddy sebelumnya memberikan izin kepada para pegawai negeri sipil menggunakan kendaraan dinasnya untuk dipakai mudik. Namun, Yuddy mengingatkan agar PNS menjaga mobil dinas yang merupakan aset negara itu jangan sampai rusak, atau hilang.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra