Direktur Gratifikasi KPK Daftar Capim

Minggu, 28 Jun 2015 | 01.00 WIB

Direktur Gratifikasi KPK Daftar Capim


CENTROONE.COM -  Langkah Johan Budi mendaftar sebagai calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ke Panitia Seleksi (Pansel) diikuti Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono. Giri mengaku mencalonkan diri atas dasar keinginan pribadi. Langkah tersebut ternyata mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Termasuk dari internal tempatnya bekerja.

"Sendiri dan dorongan internal dan eksternal," kata Giri kepada CentroOne.com, Sabtu (27/6/2015) malam. Meski demikian, Giri mengakui pimpinan KPK mempunnyai tantangan yang cukup berat untuk kedepannya. Giri pun telah siap menghadapi hal tersebut. Terlebih, Giri juga mendapat dukungan dari pihak keluarga.

"Insya Allah," imbuh Giri. Giri menyebut alasannya untuk mendaftar adalah karena ingin menjaga harapan bahwa pemberantasan korupsi belum habis. Apalagi, Giri yang sudah mengabdi selama 10 tahun di KPK mengaku sudah hafal betul lembaga anti rasuah ini. Selain itu, Giri mengambil contoh sejumlah lembaga anti korupsi di Luar Negeri yang dipimpin oleh orang yang berasal dari dalam lembaga tersebut.

Diantaranya seperti ICAC Hongkong, MACC Malaysia serta CPIB Singapura. "lngin menjaga harapan rakyat agar tidak pupus dalam pemberantasan korupsi dan bagi saya 10 tahun di KPK sudah cukup tahu seluk beluk KPK, sehingga paham solusi dan strategi. Selain itu dorongan beberapa pihak untuk mendaftar," tutur Giri.

Namun demikian, Giri masih enggan mengungkapkan rencana pembenahan yang akan dilakukan, jika dirinya terpilih sebagai Pimpinan. "ltu ada di makalah saya. Tidak perlu saya buka sekarang. Secara keseluruhan yang dilakukan KPK sudah hebat, butuh penguatan di beberapa sisi," pungkas Giri.

 oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra