PDAM Siapkan Sumber Bahan Baku Air Lain

Sabtu, 27 Jun 2015 | 23.37 WIB

PDAM Siapkan Sumber Bahan Baku Air Lain


CENTROONE.COM - Guna mengatasi kekurangan air di Surabaya, Pemprov Jatim sedianya akan membangun proyek sistem pengolahan air minum (SPAM) di sumber air Umbulan, Pasuruan.

Namun sampai saat ini, proyek itu tak berjalan.  PDAM Surya Sembada pun sudah tak bisa berharap banyak dengan proyek senilai Rp4 triliun tersebut. PDAM Surabaya kini mencari sumber air baku baru.

“Kita sudah sampaikan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bahwa proyek itu tak perlu diharapkan. Kini PDAM berpikir untuk mencari sumber
bahan baku air yang baru. Tentunya harus memenuhi syarat, baik kuantitas maupun kualitasnya,” aku Dirut PDAM Surya Sembada Ashari Mardiono, Sabtu, (27/6/2015).

Saat ini, sumber bahan baku air itu adalah Sungai Jagir dan Sungai Kalimas. Sebab kuantitas, kualitas dan kontinyuitas airnya masih baik. Dua sumber bahan baku air ini juga masih dalam kajian tim ahli PDAM, apakah air itu bisa digunakan. Selain dua sumber itu, air bozem Morokrembangan juga dilirik. Semua ini karena kebutuhan warga kota yang semakin meningkat.

Untuk itu, PDAM tak bisa hanya mengandalkan satu sumber bahan baku saja, tapi harus memiliki sumber alternatif  lain. Saat ini sumber air untuk memenuhikebutuhan warga kota berasal dari IPAM Ngagel I, II, III dan IPAMKarang Pilang I, II, dan III.

Ashari Mardiono pun berharap warga Surabaya bisa mengurangi konsumsi air PDAM. Pasalnya, pasokan air sangat terbatas. Saat ini, pasokan airPDAM didapat dari air permukaan yang disuplai Perum Jasa Tirta IJatim. Total pasokan mencapai 97 persen dan sisanya dari mata air Umbulan, Pasuruan.

 oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra