Pilih Menteri Kabinet, Jokowi Abaikan Kriteria

Sabtu, 27 Jun 2015 | 19.34 WIB

Pilih Menteri Kabinet, Jokowi Abaikan Kriteria

Presiden Joko Widodo berjalan menuju ruangan rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/6). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf


CENTROONE.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai abai menerapkan kriteria-kriteria saat memilih menteri yang saat ini tergabung dalam Kabinet Kerja.

Hal tersebut pun berimbas pada tidak sesuainya antara kriteria dengan menteri yang menjabat. "Saya liat disini engga ada," ucap Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) M Said Didu dalam diskusi bertajuk 'Menteri Politisi dan Bukan, Bagus Mana?', di Menteng, Jakarta Pusat‎, Sabtu (27/6/2015).

Anggota MPR RI periode 1997-1999 ini berharap Jokowi tak mengulangi kesalahan kedua. Terlebih jika Jokowi akan melakukan perombakan pada kabinet kerja. Menurut Said, sekarang merupakan moment yang tepat untuk memperbaiki hal tersebut.

Sehingga ke depannya tidak ada lagi orang-orang yang menganggap pantas menjadi menteri karena telah ada kriteria khususnya. "Akhirnya dampaknya semua orang berpikir bisa jadi menteri. Tetapkan dulu deh kementerian ini cocoknya kriteria yang kaya apa, baru nanti tanya ke parpol," kata dia.

Dikatakan Said, Jokowi perlu mempertimbangkan penetapan kriteria-kriteria calon menteri yang tepat pada seluruh kementerian. "Saya menilai dari proses penentuan kabinet, ini pasti jabatan politik harusnya presiden menetapkan dulu kriteria pada suatu kementerian, baru nanti partai yang mencari siapa yang paling kompeten di partainya," terang dia.

 oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra