Tradisi Ngabuburit Cantik di Berbagai Pelosok Daerah

Sabtu, 27 Jun 2015 | 13.06 WIB

Tradisi Ngabuburit Cantik di Berbagai Pelosok Daerah

Foto-foto: centroOne/Antara Foto


Centroone.com - Aktivitas ngabuburit atau menunggu waktu buka puasa jadi tradisi masyarakat muslim Indonesia setiap Ramadan tiba.

Tak sekadar membeli makanan atau minuman, tapi ada hal-hal unik yang mereka lakukan dalam tradisi ngabuburit ini.

Beda daerah, beda pula ngabuburit yang dilakukan warga di Tanah Air. Unik dan menarik pastinya tradisi ngabuburit yang dilakoni masyarakat kita. Penasaran? Yuk, simak tradisi ngabuburit di berbagai pelosok daerah.

1. Polwan Sepatu Roda di Ngabuburit Madiun, Jawa Timur

Polwan atau polisi wanita turut meramaikan ngabuburit di kawasan Madiun. Kehadiran mereka untuk membantu mengatur lalu lintas di Alun-alun kota Madiun. Uniknya, mereka menggunakan sepatu roda (inline skate). Penggunaan sepatu roda oleh Polwan dinilai efektif untuk mengurai kemacetan yang terjadi pada saat waktu ngabuburit di pusat penjualan takjil tersebut.

2. Ngabuburit Ala Komunitas Luwak di Jombang, Jawa Timur

Luwak pun ikut meramaikan tradisi ngabuburit masyarakat Jombang. Adalah anggota komunitas pecinta musang luwak yang biasa memanfaatkan ngabuburit dengan bermain bersama peliharaan mereka urit di depan Stadion Jombang. Waktu ngabuburit digunakan komunitas tersebut untuk mengenalkan luwak yang dapat menjadi hewan peliharaan kepada masyarakat.

3. Ngabuburit Seru di Alun-alun Bandung, Jawa Barat

Sejumlah anak biasa bermain di rumput
sintetik taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat. Maklumlah, taman alun-alun Bandung tersebut menjadi salah satu tempat tujuan ngabuburit warga Bandung selama Ramadan.

4. Ngabuburit di Pinggir Pantai Pantura

Warga biasa menikmati sore di pinggir Pantai Utara (Pantura) Tegal, Jawa Tengah. Pantura  menjadi salah satu lokasi tujuan warga saat menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit).


5. Ngabuburit Sendu di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan

Sejumlah umat
muslim di Makassar biasa menikmati terbenamnya matahari (sunset) di pelataran Masjid Terapung Amirul Mukminin, Pantai Losari. Sebagian umat muslim di Makassar berkunjung ke tempat-tempat wisata bersama keluarga dan kerabat sambil menunggu saat berbuka puasa (ngabuburit).

Sumber: Antara Foto - Editor: Rie