Serangan Bom Bunuh Diri Saat Shalat Jumat, Tewaskan 25 Orang

Sabtu, 27 Jun 2015 | 04.00 WIB

Serangan Bom Bunuh Diri Saat Shalat Jumat, Tewaskan 25 Orang

Masjid yang jadi sasaran bom bunuh diri kelompok ISIS (IST)


CENTROONE.COM - Sebuah serangan bom bunuh diri terjadi di masjid Syiah di kota Kuwait City, Jumat, (26/6/2015) waktu setempat dan mengakibatkan 25 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Serangan itu terjadi saat ibadah Shalat Jumat digelar.

Sejumlah saksi mata yang mengatakan pelaku bom bunuh diri memasuki masjid di saat tempat itu dipenuhi umat yang sedang menjalankan ibadah shalat Jumat.Serangan ini adalah yang pertama menimpa masjid Syiah di Kuwait. Umat Syiah Kuwait berjumlah sepertiga dari 1,3 juta total warga negeri kaya minyak itu. 

"Sebanyak 25 orang tewas dan 202 orang lainnya terluka akibat ledakan bom di masjid Al-Imam Al-Sadeq," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Kuwait seperti dikutip kantor berita KUNA.


Terduga pelaku serangan bunuh diri saat masuk masjid  (IST)

Terkait serangan ini, Kelompok militan Arab Saudi bernama Provinsi Najd yang berafiliasi kepada ISIS mengatakan seorang anggotanya Abu Suleiman al-Muwahhid adalah pelaku aksi bom bunuh diri di Kuwait itu.

Kelompok ini juga mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di beberapa masjid Syiah di Arab Saudi bulan lalu. Dua serangan bom di Arab Saudi itu, seperti halnya yang terjadi di Kuwait, dilakukan tepat saat ibadah shalat Jumat. bbs