Teroris Terduga ISIS Serbu Pabrik, 1 Orang Tewas Dengan Kepala Terpenggal

Sabtu, 27 Jun 2015 | 02.00 WIB

Teroris Terduga ISIS Serbu Pabrik, 1 Orang Tewas Dengan Kepala Terpenggal

Pabrik yang diserbut kelompok teroris


CENTROONE.COM - Prancis kembali diguncang teror. Sebuah pabrik dekat Grenoble, Tenggara, Prancis, Jumat, (26/6/2015) diserang sebuah kelompok yang terdiri dari 2 orang, mengakibatkan 1 orang tewas, dengan kondisi kepala terpenggal serta beberapa lainnya luka-luka.

Laporan harian Le Dauphine Libere menyebutkan, pelaku penyerangan memasuki pabrik, yang dimiliki oleh perusahaan gas, Air Products, di kota Saint-Quentin-Fallavier, yang terletak 30 km dari Lyon. Pelaku penyerangan mengaku anggota ISIS.  

Dilaporkan France24, pria tersebut membuka botol gas dan memicu ledakan.  Sementara media Prancis lain, Le Monde menyebut ledakan terjadi  pada pukul 10.00 waktu setempat dilakukan oleh dua pelaku serangan yang merangsek masuk ke gedung dengan sebuah kendaraan.
Terkait serangan ini,   Presiden Perancis, Francois Hollande langsung memberikan pernyataan dengan menyebut serangan itu dilakukan oleh Teroris.

"Saya tengah menghadiri rapat Dewan Eropa ketika mendengar serangan yang terjadi di Saint-Quentin-Fallavier di Isere. Kendaraan yang disetir oleh seseorang, kemungkinan ditemani oleh orang lainnya, dikebut dengan kecepatan tinggi menuju pabrik yang dipenuhi gas silinder.Tujuannnya tak lain adalah untuk membuat ledakan. Sifat serangan ini adalah terorisme." kata Hollande di Brussels, Belgia, Jumat (26/6/2015) seperti dilansir dari The Liberation.   Laporan sejumlah media juga menyebutkan bendera berbahasa Arab ditemukan di tempat kejadian.

Serangan ini menjadi serangan terbesar kedua pada tahun ini, setelah tragedi tiga hari di Perancis pada Januari lalu di kantor majalah satire Charlie Hebdo dan swalayan Yahudi. Sebanyak 17 orang tewas dalam kejadian tersebut. bbs