Pansel Pastikan Tak Ada 'Titipan' dalam Seleksi Capim KPK

Sabtu, 27 Jun 2015 | 11.00 WIB

Pansel Pastikan Tak Ada 'Titipan' dalam Seleksi Capim KPK


CENTRONE.COM - Panitia Seleksi (Pansel) yakin tak ada penumpang gelap dalam yang mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi Calon Pimpinan KPK Jilid IV. Pansel juga memberi garansi tak ada 'titipan' dalam proses seleksi capim lembaga antirasuah tersebut.

Demikian ditegaskan Anggota Pansel Calon Pimpinan KPK, Yenti Ganarsih. Pansel, kata Yenti, sampai saat ini tidak mendapat intervensi dari pihak manapun. Menurut Yenti, proses seleksi yang dilakukan pihaknya sesuai aturan dan prosedur.

Selain itu, sejumlah persyaratan juga harus dipenuhi pelamar. "Pokoknya sesuai dengan syarat yang ada. Kita sudah lakukan prosedur yang dilakukan pansel-pansel lain. Makanya kita punya penilaian rekam jejak," ungkap Yenti di Jakarta, Sabtu (27/6/2015)

Lebih lanjut diungkapkan Yenti, Pansel telah menyiapkan serangkaian tes yang nantinya akan diikuti oleh para pendaftar.

"Selain wawancara ada hal lain yang bisa kita lakukan, nanti kan ada juga ada deskripsi diri. Penguatan tentang KPK itu harus dilakukan di beberapa komponen, itu salah satunya," terang ahli pidana pencucian uang itu.

Setelah melewati sejumlah rangkaian proses seleksi itu, Pansel hanya akan mengambil delapan nama. Selanjutnya delapan nama tersebut yang akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2015 mendatang.

"Dari delapan itu, paling lama tiga bulan setelah diserahkan, presiden harus sudah menyerahkan ke DPR, lalu DPR memilih empat," pungkas Yenti.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra