Lapas Khusus Bandar Narkoba Tunggu Menkumham Sehat

Jumat, 26 Jun 2015 | 14.00 WIB

Lapas Khusus Bandar Narkoba Tunggu Menkumham Sehat

Menkumham Yasonna Laoly (ANTARA)


CENTROONE.COM - Kementerian Hukum dan HAM melalui Dirjen Pemasyarakatan (Pas) akan meresmikan lapas khusus untuk bandar narkotika yang telah berstatus terpidana.

Lapas yang berlokasi di Gunung Sindur, Bogor, Jabar itu hanya berkapasitas 30 orang. "Bulan ini diresmikan," kata Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pemasyarakatan (Pas) Kemkumham Mamun, Jumat (26/6/2015).

Lapas itu rencananya akan diresmikan oleh Menkumham Yasonna Laoly. Menteri asal PDIP ini diketahui baru menjalani operasi pengapuran kaki kanannya. Untuk berjalan, yang bersangkutan sekarang ini menggunakan tongkat sebagai alat bantu. "Menunggu beliau (Menkumham Yasonna Laoly) sehat," ucap Mamun.

Lapas itu sendiri telah diuji selama satu pekan. Namun, Mamun belum bisa membeberkan secara rinci fasilitas lapas tersebut. Pun termasuk soal pengamanannya. "Memungkinkan (untuk digunakan) tetapi ini tidak diterangkan secara detail karena dirahasiakan, sarananya apa, pokoknya sudah siap," ujar dia.

Setelah Lapas Gunung Sindur diresmikan, Dirjen Pas juga akan meresmikan dua lagi lapas khusus bandar narkotika. Pembangunan dua lapas itu akan rampung tahun 2015 ini. "Dua Lapas lagi Menyusul, biar ini jalan dulu, biar dievaluasi," tandas Mamun.

Oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra