Tak Ingin Dilemahkan, KPK Siapkan Draft Revisi

Kamis, 25 Jun 2015 | 01.00 WIB

Tak Ingin Dilemahkan, KPK Siapkan Draft Revisi


CENTROONE.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyiapkan draft revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Draft itu disiapkan menyusul kputusan DPR yang resmi memasukan UU KPK ke dalam prioritas Prolegnas 2015.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki mengatakan, draft revisi yang disiapkan tidak untuk melemahkan lembaganya. "Kalau itu sudah jadi keputusan politik, maka yang harus dilakukan adalah menyiapkan draft revisi UU KPK yang isinya tidak melemahkan KPK," ucap Taufiequrachman Ruki saat dikonfirmasi, Rabu (24/6/2015).

Dikatakan Ruki, draft tersebut yang nantinya menjadi usulan resmi lembaga antirasuah ini atau pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk dibahas bersama dengan para legislator di Senayan.

"Draft itu kemudian dijadikan usulan resmi KPK atau pemerintah. Kita usahakan agar konsep itu yang dibahas dan dimasukan sebagai revisi," terang Ketua KPK pertama itu.

Ditegaskan Ruki, jika dalam pembahasan bersama nanti ada unsur serta upaya yang ingin melemahkan kewenangan lembaga superbody ini dalam melakukan pemberantasan korupsi, maka sudah sepatutnya ditolak. 

"Setiap konsep yang mengandung tujuan pelemahan dan pengurangan kewenangan harus kita tolak," pungkas Ruki.


oleh-Rangga T-editor:YL.antamaputra