Di Kota Ini, Pipis di Toilet Umum Bonus Duit

Rabu, 24 Jun 2015 | 19.00 WIB

Di Kota Ini, Pipis di Toilet Umum Bonus Duit

Toilet umum


CENTROONE.COM - Jika di Indonesia memakai toilet umum , seseorang harus mengeluarkan uang, maka di salah satu kota di India, Ahmedabad justru sebaliknya. Siapapun yang memakai toilet umum di kota ini, maka akan mendapatkan bonus uang satu rupee.

Hal itu dilakukan oleh pemerintah kota setempat untuk menghentikan kebiasaan warganya yang suka di buang air kecil dan air besar di depan umum dan sembarang tempat.  Hal itu tentunya saja membuat pemerintah kota berang, karena selain tidak sehat, membuat sudut kota itu terlihat menjijikan dan bau.

Dan dalam usaha untuk mengajak warga meninggalakn kebiasaan buruk itu, pemerintah kota Ahmedabad telah menyediakan 300 toilet umum, yang sengaja ditaruh jauh dari daerah terbuka dan ruang publik.  "Ide di balik proyek ini adalah untuk mencegah warga buang air besar di sudut kota di mana orang-orang, walaupun memiliki toilet umum, buang air besar  tetap di tempat terbuka," kata ketua dewan kota Ahmedabad, Pravin Patel.

Petugas kesehatan kota itu, Bhavikk Joshi mengatakan program itu diujicobakan di 67 fasilitas umum di Ahmedabad, kota utama di negara bagian Gujarat barat, di mana petugas akan memberikan sebuah koin untuk setiap pengguna. "Setelah sukses proyek itu akan dilaksanakan di semua 300 toilet umum di Ahmedabad," katanya seperti dilansir dari Emirates247, Rabu, (24/6/2015).

Data Unicef  menyebutkan hampir 594 juta orang – atau hampir setengah dari populasi India – buang air besar di tempat terbuka, dengan situasi yang terburuk di daerah pedesaan yang miskin dan kotor. Kurangnya toilet dan masalah sanitasi lainnya menyebabkan masalah kesehatan yang besar di India dengan menyebabkan penyakit seperti diare.


oleh:William-Editor:YL.antamaputra