Mengintip Barang Online Paling Dicari Selama Ramadan

Selasa, 23 Jun 2015 | 15.39 WIB

Mengintip Barang Online Paling Dicari Selama Ramadan

Foto: centroOne/Istimewa


Centroone.com - Momen Ramadan identik dengan aktivitas jual beli yang cukup tinggi.

Hal itulah dimanfaatkan sejumlah pihak untuk membuat usaha dadakan selama bulan suci puasa, tak terkecuali usaha secara online. Aktivitas bisnis online ini sendiri belakangan cukup marak seiring dengan teknologi gadget canggih yang dimiliki hampir semua orang.

Sementara aktivitas jual beli yang cukup tinggi selama Ramadan, karena terkait dengan kebutuhan keseharian dan peribadatan, serta aktivitas belanja jelang Lebaran. Di Timur Tengah, peningkatan jual beli pada retail cukup dialami selama Ramadan.

Retail dengan basis perdagangan pakaian dan elektroniklah yang mencacat penjualan tertinggi. Walau menggunakan data aktivitas belanja online di negara Timur Tengah seperti diberitakan saudigazette, tren bisnis belanja online ini setidaknya bisa dijadikan perbandingan di negeri sendiri.

Pekan pertama

Minggu pertama Ramadan adalah waktunya konsumen untuk berbelanja, kebutuhan pokok, seperti sandang pangan, serta untuk kebutuhan ibadah serta liburan awal puasa. Menurut data, di Uni Emirat Arab (UEA), pada pekan pertamanya di puasa biasanya ada peningkatan bisnis ritel sebesar 23%, serta 42% di bisnis travel. Sementara di Turki, bisnis ritel merangkak naik 12% dan 57% di bisnis travel.

Pekan kedua dan ketiga

Pada pekan ini biasanya terjadi transaksi besar-besaran antara pedagang dan konsumennya. Dan, ini juga waktunya para konsumen mengoptimalkan layanan jasa bisnis online untuk membeli segala kebutuhan yang terkait bulan puasa.

Pekan keempat

Menjelang Lebaran atau minggu terakhir, pastinya banyak masyarakat muslim yang mudik ke kampung halaman. Hingga pembelian perangkat mobile menjadi meningkat seiring kebutuhan akan berkomunikasi serta eksistensi di sosial media terkait kebersamaan sepanjang hari Lebaran. Dan, di sinilah pangsa pasar penjualan lewat bisnis online mencapai klimaksnya

Hari Lebaran

Pada hari ini penjualan di bisnis online mulai menurun, dikarenakan kebanyakan masyarakat mulai sibuk dengan aktivitas halal-bihalal, bisa berjam-jam, bahkan berhari-hari.

So, yuk mari pintar-pintar cari peluang selama momen Ramadan.

(Berbagai Sumber)