H-1, 14 Wanita Daftar Capim KPK

Selasa, 23 Jun 2015 | 09.00 WIB

H-1, 14 Wanita Daftar Capim KPK


CENTROONE.COM - Pendaftaran calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid IV akan ditutup esok hari, Rabu (24/6/2015). Sehari sebelum ditutup, Panitia Seleksi (Pansel) telah menjaring 217 pendaftar. Demikian disampaikan Juru Bicara Pansel Pimpinan KPK, Betti Alisjahbana saat dikonfirmasi, Selasa (23/6/2016).

Dari 217 nama, 14 pendaftar merupakan kaum hawa alias perempuan. "Sampai hari ini, 217 yang sudah mendaftar ke Pansel. Yang sudah mendaftar, 14 diantaranya perempuan," ucap Betti.

Namun, Betti masih enggan membeberkan siapa saja srikandi yang telah menyerahkan data dirinya kepada Pansel. Yang jelas, para pendaftar masih didominasi dari kalangan yang berprofesi sebagai advokat. Selama dua minggu Pansel Pimpinan KPK bekerja. Mereka telah melakukan roadshow ke sepuluh kota untuk menjaring para putra daerah yang ingin mengikuti proses seleksi ini. Pansel selain itu juga telah mendatangi sejumlah institusi guna membantu melihat rekam jejak para pendaftar.

Pansel yang telah bekerja sejak 5 Juni masih membuka pendaftaran hingga esok, 24 Juni. Hingga akhirnya pada 27 Juni mendatang, Pansel akan membuka identitas para pendaftar yang ingin mengikuti proses seleksi pimpinan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Pansel sendiri sebelumnya mendorong kepada wanita-wanita yang memenuhi persyaratan supaya mendaftar sebagai Capim KPK jilid IV. Kehadiran kaum hawa diharapkan dapat memecahkan masalah berat pencegahan dan pemberantasan korupsi. Selain itu, keberadaan perempuan dalam barisan pimpinan KPK untuk saling melengkapi.

"KPK yang beragam akan sangat bagus, dari segi keahliannya sehingga bisa saling melengkapi, dan beragam segi gender sehingga saling melengkapi. Saya sangat mendorong perempuan-perempuan yang memenuhi syarat terpanggil hatinya dan memecahkan masalah berat pencegahan dan pemberantasan korupsi," kata Betti Alisjahbana saat dihubungi, Jumat (5/6/2015).

Betti meyakini, masih banyak srikandi lain di luar sana yang memenuhi kriteria. Sebab itu, diharapkan Betti, hati mereka dapat terpanggil dan berpartisipasi. "Memenuhi panggilan ibu pertiwi," ujar Betti.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra