DPD RI Pantau Lonjakan Harga Sembako di Surabaya

Senin, 22 Jun 2015 | 23.10 WIB

DPD RI Pantau Lonjakan Harga Sembako di Surabaya

Foto: Komite II DPD RI saat mengunjungi UKM Surabaya didampingi wali kota.


Centroone.com - Komite II Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI berkunjung ke Surabaya. Hal ini merupakan rangkaian pantauan melonjaknya harga kebutuhan pokok dan barang penting saat Ramadhan dan jelang Lebaran 1436 H. Dikhawatirkan lonjakan itu akan memberikan dampak besar kepada masyarakat.

Saat itu, rombongan dipimpin Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba bersama anggotanya, ditemui Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta seluruh jajaran Forpimda Kota Surabaya. Pembahasannya saat itu adalah terkait agenda pengawasan atas pelaksanaan UU 7/2014 tentang Perdagangan.

Wali kota menjelaskan, untuk menekan naiknya harga kebutuhan pokok. Pemkot Surabaya, terlebih dahulu melakukan operasi pasar sebelum Ramadhan dan mengadakan pasar bayangan di balai-balai RW di seluruh kecamatan di Surabaya.

“Kami juga mengadakan bazaar Ramadhan yang rencananya digelar di 20 titik tahun ini. Hal ini juga kami gunakan sebagai langkah antisipasi pengendalian stabilitas harga bahan kebutuhan pokok menjelang natal dan tahun baru,” imbuh wali kota.

Sementara Parlindungan Purba mengatakan, pengendalian harga di Kota Surabaya cenderung terjaga dengan baik. Ia mengharapkan seluruh kabupaten/kota bisa meniru cara Pemkot Surabaya dalam melakukan pengendalian harga.

“Kota Surabaya tidak memiliki Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID), namun pemantauan dilakukan dinas masing-masing. Hal ini membuat wali kota setiap hari bisa memantau naik- turunnya harga kebutuhan pokok,” tegas Parlindungan Purba.


Oleh : Windhi Ariesman / Editor : Adi Cahyo