Selamatkan Badak, Perusahaan AS Ciptakan Tanduk Sintesis

Senin, 22 Jun 2015 | 06.32 WIB

Selamatkan Badak, Perusahaan AS Ciptakan Tanduk Sintesis


CENTROONE.COM - Sebuah perusahaan start up asal San Fransisco, Amerika Serikat me.emukan cara baru untuk menyelamatkan badak dari kepunahan. Badak-badak terutama di Asia dan Afrika terus jadi korban perburuan liar karena tanduk mereka yang jadi favorit untuk dipajang. Di Afrika Selatan, rumah dari 80 persen populasi Badak, 1215 badak terbunuh di 2014.

Pembient, nama start up tersebut, menggunakan keratin, salah satu satu serat protein yang dicampur dengan DNA badak untuk memproduksi sebuah bubuk kering, yang kemudian dibentuk menjadi teknologi cetak 3D menjadi sebuah tanduk sintetis, yang secara genetis sama dengan tanduk asli badak. Perusahaan itu berencana untuk merilis produk mereka itu di kawasan China pada akhir tahun ini.

Untuk harga sendiri, tanduk itu dijual 1:8 dari harga tanduk asli.  " Kami memproduksi tanduk badak yang lebih asli daripada yang bisa anda dapatkan dari hewan liar.  Tanduk badak ini, sama dengan tanduk badak 2000 tahun lalu. " ujar perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Digital Journal.

Inisiatif Pembeient, meskipun terlihat hebat , namun menyisakan kekurangan, Menurut lembaga perlindungan Badak International, dengan munculnya tanduk palsu di pasaran, maka akan memicu para pemburu lebih giat memburu Badak untuk mendapatkan tanduk asli.


editor:YL.antamaputra