Mudik, Sebaiknya Hindari Penggunaan Motor Matic

Senin, 22 Jun 2015 | 08.00 WIB

Mudik, Sebaiknya Hindari Penggunaan Motor Matic

Banyak kelemahan membuat motor matic tidak disarankan untuk mudik (foto : ist)


Centroone.com – Momen mudik Lebaran kerap dimanfaatkan banyak orang dengan melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman. Nah bagi Anda yang melakukan hal ini dengan kendaraan roda dua, sebaiknya tidak melakukannya dengan kendaraan jenis Matic.

Hal ini dikarenakan jenis kendaraan Matic memiliki bentuk ban lebih kecil dan tidak disarankan untuk penggunaan jarak jauh. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Banyumas Agus Sriyono di Purwokerto, Jawa Tengah.

Menurut Agus, meninjau dari kegiatan mudik tahun lalu, banyak diantara pemudik yang menggunakan jenis kendaraan matic roda dua. Dan hal ini disarankan tidak dilakukan, karena ban yang kecil kerap kurang efektif dalam meredam guncangan pada jalan berubah. Dan hal ini meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan pada seseorang.

Selain itu, mudahnya operasi kendaraan Matic, membuat orang kurang sadang menjaga kecepatan kendaraan mereka. Dalam pantauan mengungkap, pengguna kendaraan matic kerap memacu kendaraan mereka dengan kecepatan lebih dari 70 Km/jam. Hal tersebut yang berpotensi kecelakaan, saat kendaraan dihadapkan dengan lubang di depan jalan.

Masalah lain pada kendaraan matic adalah di bagian pengereman. Dengan kapasitas mesin diatas 100 cc, pengereman kendaraan jenis matic kurang responsif dibanding dengan kendaraan roda dua jenis yang lain.


Oleh : Adi Cahyo