9 Gangguan Kesehatan Bila Berbuka Terlalu Banyak Gula

Sabtu, 20 Jun 2015 | 12.16 WIB

9 Gangguan Kesehatan Bila Berbuka Terlalu Banyak Gula

Foto: centroOne/Istimewa


Centroone.com - Kita memang disarankan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis untuk mengembalikan gula darah yang menurun selama berpuasa.

Tapi tahukah Anda, kalau kita mengonsumsi makan-makanan yang mengandung gula berlebih hasilnya juga malah kurang bagus bagi kesehatan tubuh kita. Mengonsumsi terlalu banyak gula bisa mencegah insulin bekerja sebagaimana mestinya.

Ini yang disebut resistensi insulin. Insulin adalah hormon yang memungkinkan gula darah untuk memasuki sel-sel dari aliran darah dan memberitahukan sel untuk mulai membakar glukosa bukan lemak.

Nah, ini adalah beberapa efek berbahaya yang mengintai kesehatan tubuh Anda bila mengonsumsi terlalu banyak gula:

1. Kerusakan jantung

Banyak gula bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Hal ini karena gula mempengaruhi mekanisme pemompaan jantung, meningkatkan perut obesitas, meningkatkan trigliserida, kolesterol jahat (LDL), glukosa darah dan kadar insulin, dan meningkatkan kemungkinan Anda menderita gagal jantung.

2. Kerusakan gigi

Karena gula mudah dicerna, bakteri berbahaya akan berpesta di mulut Anda dan berkembang biak dengan cepat. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai masalah gigi yang meliputi rongga, erosi enamel, penyakit gusi, dan kerusakan gigi.

3. Penyebab berat badan

Apabila glukosa membuat Anda merasa kenyang, maka fruktosa sebaliknya, dan bisa membuat Anda merasa lapar. Studi menemukan bahwa orang yang minum yang telah dipermanis oleh fruktosa makan akan merasa lapar setelahnya. Sedangkan orang-orang yang minum minuman yang manis akan cepat penuh, karena glukosa menurunkan kadar hormon kelaparan dalam tubuh. Glukosa sangat penting untuk kelangsungan hidup dan ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, kentang, madu, dan biji-bijian. Sementara, fruktosa tidak diperlukan oleh tubuh dan sebagian besar ditemukan dalam gula meja dan pemanis ditambahkan.

4. Hati akan kewalahan bekerja

Sebelum gula memasuki aliran darah Anda, melewati hati - yang mengelompokkannya menjadi baik glukosa atau fruktosa. Makan sedikit fruktosa kecil, seperti buah-buahan, tepat sekali karena hati mengubahnya menjadi glikogen dan menyimpannya sampai diperlukan. Namun jika Anda makan banyak gula, kapasitas hati untuk menyimpan glikogen akan digunakan, dan memiliki untuk mengubah fruktosa menjadi lemak. Seiring waktu, proses ini membuat hati Anda rusak.


NEXT